Teori
Etika Bisnis adalah suatu sikap serta perilaku para pembisnis. Dimana perilaku ini secara langsung menunjukkan tanggung jawab dari sebuah bisnis yang sedang dijalankan. Apabila bisnis tersebut beretika baik maka dampaknya dapat dinyatakan positif yang artinya tidak merugikan lingkungan disekitarnya. Sedangkan bila bisnis tersebut tidak beretika maka dampaknya akan negative ini berarti dampak tersebut benar-benar merugikan lingkungan sekitar terutama warga yang bertempat tinggal disekitar wilayah tersebut.
Ciri Bisnis yang beretika :
1. Tidak merugikan orang lain atau pebisnis lain
2. Tidak menyalahi aturan-aturan
3. Tidak melanggar hukum
4. Tidak menciptakan suasana keruh pada saingan bisnis
5. Ada izin usaha yang jelas dan juga sah secara aturan dan hukum
Kasus
Contoh Perusahaan :
Salah satu sebagai contoh yakni perusahaan yang sedang menjalani bisnisnya mengalami beberapa kendala yang akhirnya kendala tersebut tidak bisa terhenti. Dampak yang dikeluarkan cukup merugikan daerah tempat perusahaan yang sedang menjalani bisnisnya. Sebut saja nama perusahaan tersebut adalah PT Gas . PT Gas merupakan sebuah perusahaan yang sudah ternama dan terkenal khususnya diseluruh kawasan Indonesia. Awalnya bisnis yang sedang dijalankan oleh perusahaan tersebut berjalan dengan lanjar. Namun sebuah hal yang tidak diduga oleh PT Gas itu sendiri terjadi.
Permasalahnya yaitu terjadinya kebocoran gas di areal eksplorasi gas. Kebocoran gas tersebut berupa semburan asap putih dari rekahan tanah, membumbung tinggi sekitar 10 meter. Semburan gas tersebut disertai keluarnya cairan lumpur dan meluber ke lahan warga. tak kurang 10 pabrik harus tutup, 90 hektar sawah dan pemukiman penduduk tak bisa digunakan dan ditempati lagi, demikian juga dengan tambak - tambak bandeng, belum lagi jalan tol Surabaya - Gempol yang harus ditutup karena semua tergenang lumpur panas.
Pertanggung jawaban tersebut harus dilakukan oleh perusahaan. PT Gas akhirnya sepakat untuk membayarkan tuntutan ganti rugi kepada warga korban banjir Lumpur Porong, Sidoarjo. Perusahaan tersebut akan membayar Rp2,5 juta per meter persegi untuk tanah pekarangan beserta bangunan rumah, dan Rp120.000 per meter persegi untuk sawah yang terendam lumpur. Bila dilihat-lihat kerugian yang ditimbulkan benar-benar sangat besar justru kerugian yang diberikan mungkin tidak sebanding dengan kerugian yang diterima oleh warga dilingkungan tempat PT Gas menjalankan bisnisnya. Walaupun kasus ini sudah sampai dipihak yang berwenang namun dampak yang dirasakan oleh warga sangat terasa dan tidak bisa dilupakan. Sebab para ahli geologi membenarkan bahwa kejadian yang dialami oleh PT Gas bukan disebabkan oleh bencana alam melainkan akibat kelalaian manusia. Dan dari kejadian yang dialami oleh PT Gas merupakan pelanggaran sebuah etika bisnis. Dimana pelanggaran etika bisnis ini termasuk kedalam kategori “etika terhadap komunitas masyarakat”.
Hal yang menyimpang terhadap Etika dalam Perusahaan pada kasus di atas :
Kelalaian Karyawan pada saat bekerja
Tidak memikirkan resikonya, seharusnya waspada terlebih dahulu
Hal yang harus dibuat pelajaran bahwa :
Dalam melakukan pekerjaan harus dipikir terlebih dahulu resikonya ( waspada )
Pekerjaan harus dilakukan dengan konsentrasi
Tanggung jawab atas segala sesuatu baik itu sesuatu yang merugikan mau yang menguntungkan orang lain dan diri sendiri.
Jangan melalaikan pekerjaan begitu saja, dan jangan menganggap semua hal itu biasa.
KESIMPULAN :
Dalam kasus di atas benar – benar sangat merugikan perusahaan terjadi karena kelalaian salah satu karyawan di perusahaan, Pertanggung jawaban dilakukan oleh perusahaan. Akhirnya sepakat untuk membayarkan tuntutan ganti rugi kepada warga korban banjir Lumpur Porong, Sidoarjo. Walaupun kasus ini sudah sampai dipihak yang berwenang.
CSR ( Corporate Social Responsibility ) / Jenis tanggung jawab social perusahaan
PT. DANONE ( AQUA )
IDENTITAS PT. DANONE………………………….
Jenis tanggung jawab social pada PT. DANONE meliputi :
Beasiswa
untuk para Atlet sepak bola, badminton, basket, tinju, Lari, dll
Peduli Amal
Untuk panti asuhan, fakir miskin
Bakti social
Untuk para korban banjir, lumpur lapindo, gempa, dll
Jalan sehat
Untuk semua warga
Memberikan pelayanan dengan baik, dengan menghasilkan produk minuman yang berkualitas kepada para konsumen.
Dengan adanya fasilitas dari perusahaan akan menarik para konsumen. Semakin banyak konsumen untuk membeli produk dari PT. Danone semakin besar pula pendapatan Perusahaan dan semakin banyak pula bantuan yang akan disalurkan kepada pihak yang berhak menerima.
0 komentar:
Posting Komentar